AsiaCube - The Best Free Social Exchange Site!

Rabu, 12 Februari 2014

DIFINISI PENGERTIAN JALAN

Adapun  yang dimaksud dengan Jalan dan definisinyanya adalah suatu prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, dan semua bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang membantu kebutuan untuk berlalu lintas, yang berada pada permukaan tanah, di bawah permukaan tanah dan serta di atas permukaan air, kecuali jalan untuk kereta api, juga jalan lori.
Jalan umum adalah jalan yang diperuntukkan bagi pengguna lalu lintas umum jadi artinya semua pengguna boleh lewat di sini tanpa ada persyaratan khusus;
Jalan khusus adalah jalan yang dibangun oleh instansi tertentu, badan usaha, perseorangan, atau kelompok masyarakat yang dipergunakan untuk keperluannya sendiri;

Adapun Jalan tol adalah jalan umum yang merupakan bagian sistem jaringan jalan dan sebagai jalan nasional yang penggunanya diwajibkan membayar told an jalan ini biasanya di kelola oleh Jasa Marga;
Sistem jaringan jalan terdiri atas sistem jaringan jalan primer dan sistem jaringan jalan sekunder.
Yang dimaksud dengan sistem jaringan jalan primer adalah sistem jaringan jalan dengan peranan pelayanan distribusi barang dan jasa untuk pengembangan semua wilayah di tingkat nasional, dengan menghubungkan semua simpul jasa distribusi yang berwujud pusat-pusat kegiatan.
Demikian juga sistem jaringan jalan sekunder sistem jaringan jalan dengan peranan pelayanan distribusi barang dan jasa untuk masyarakat di dalam kawasan perkotaan.
Jalan umum menurut fungsinya dikelompokkan ke dalam jalan arteri, jalan kolektor, jalan lokal, dan jalan lingkungan.
Jalan arteri adalah  jalan umum yang berfungsi melayani angkutan utama dengan ciri perjalanan jarak jauh, biasanya dengan kecepatan rata-rata tinggi, dan jumlah jalan masuk dibatasi secara berdaya guna.
Adapun Jalan kolektor  adalah jalan umum yang berfungsi melayani angkutan pengumpul atau pembagi dengan ciri perjalanan jarak sedang, kecepatan rata-rata sedang.
Pengertian Jalan lokal adalah  jalan umum  yang berfungsi melayani angkutan setempat dengan ciri perjalanan jarak dekat, kecepatan rata-rata rendah.
Jalan lingkungan  adalah Jalan umum yang berfungsi melayani angkutan lingkungan dengan ciri perjalanan jarak dekat, dan kecepatan rata-rata rendah.
Jalan Arteri primer melayani angkutan utama yang merupakan tulang punggung tranasportasi nasional yang menghubungkan pintu gerbang utama (Pelabuhan Utama dan atau bandar Udara Kelas Utama).

Jalan Kolektor I adalah jalan kolektor primer yang menghubungkan antar ibukota propinsi.
Jalan Kolektor II adalah jalan kolektor primer yang menghubungkan ibukota propinsi dengan ibukota kabupaten/kota.
Jalan Kolektor III adalah jalan kolektor primer yang menghubungkan antar ibukota kabupaten/kota.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Nurcahyaku5