Kamis, 22 Maret 2012

BAMBU

Pohon bambu atau Batang Bambu biasanya akan hidup subur di pinggir sungai, dipinggir drainase (parit), di pinggir pinggir jurang di dalam hutan belantara, sebab pohon bambu ber-akar serabut dan kecil-kecil sehingga tidak tahan terhadap kekeringan, bila kemarau sangat panjang maka daun bambu akan banyak yang rontok.

Adapun jenisnya banyak sekali antara lain yang kutau seperti berikut ini :

1. Bambu Ori : Bambu jenis ini mempunya duri pada batangnya dan pohonnya cukup tinggi, dan bila sudah tua maka pada serat batangnya akan berwarna hitam, dan bambu ori bisa dipergunakan untuk Rumah tinggal, Rumah Darurat, Gedek, Sesek, Bubuh penangkap Ikan, Stick Pancing, Alat musik (angklung) dan lain sebagainya.

2. Bambu petung : Bambu jenis ini tidak mempunyai duri pada batangnya, tetapi kalau pada batang muda banyak terdapat miang yang sangat gatal sekali bila terkena kulit manusia, batangnya lebih besar dari pada batang bambu ori, hanya sayang tidak dapat dipergunakan untuk rumah karena batangnya mudah lapuk juga keropos, dan batang mudanya (rebung) biasanya di masak untuk sayur.

3. Bambu apus : Bambu jenis ini batangnya juga tidak mempunya duri juga pada batang mudanya banyak terdapat miang, bambu ini lebih pendek dari pada kedua bambu tersebut diatas namun pada kulit batang nya sangat tajam, sehingga pada jaman dahulu bisa untuk memotong tali pusar bayi yang baru lahir, dan bambu jenis ini hanya bisa untuk tali (tampar).

4. Bambu Keles : Bambu jenis ini ciri-cirinya hampir sama dengan Bambu Apus hanya yang beda jarak ruasnya agak lebih panyang, sehingga bambu ini bisa dipernukan untuk pembuatan jeruji sangkar burung, dibuat kipas, Kerey, Keranjang dan lain-lainnya.

5. Bambu Wungu : Bambu jenis ini sama dengan Bambu Keles hanya batangnya saja berwarna wungu (lembayung), bambu jenis ini biasanya di pakai untuk Meja dan Kursi, Asesoris pembatas ruangan pada restoran (rumah) makan juga pagar hias.

6. Bambu Kuning : Sesuai dengan namanya Bambu jenis ini warna batangnya berwarna kuning emas, dan bambu jenis ini biasanya ditanam orang untuk pohon hias halaman, dan batang yang kecil dan tua biasanya dipakai untuk tangkai Lempar Lembing.

7. Bambu Buluh : Bambu jenis ini ruas batangya paling panjang di antara dari semua jenis bambu karena panjang ruasnya bisa memncapi 1,5 m', dan biasanya dipergunakan untuk pembuatan Seruling juga Tangkai sapu kelut.

8. Bambu hias : Bambu jenis ini biasanya hanya di pakai untuk tanaman hias dan bambu jenis ini bisa dijumpai di pinggir pinggir Perumahan dan di pinggir jalan Tol.

Demikian sedikit tentang Pohon Bambu yang sempat saya ketahui, tentunya masih banyak jenis-jenis lainnya yang tumbuh di Bumi Kita Indonesia yang tercinta ini.

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Nurcahyaku5