Kamis, 06 Juni 2013

MENGENAL PONDASI CAKAR AYAM

Memang Pondasi Cakar Ayam merupakan pilihan yang sangat tepat yang harus kita siapkan bila kita hendak membangun rumah tinggal yang mempunyai lebih dari dua lantai (rumah tingkat), hal ini sudah menjadi ketentuan berdasarkan perhitungan beban yang akan menekan pondasi rumah tersebut. Membuat bangunan untuk rumah tinggal  yang mempunyai lebih dari dua lantai lantai mungkin bukan impian atau keinginan kita, tetapi karena kondisi lokasi tempat yang terbatas sehingga kita mau tidak mau harus membuatnya. Pondasi Cakar Ayam didesain untuk dapat menahan bebeban bangunan yang cukup berat, metode pondasi ini menjadi pilihan yang tepat demi keamanan dan kenyamanan pemilik rumah.

Pondasi Cakar Ayam sebenarnya hanyalah  sebuah istilah atau sebutan saja dari sebuah konstruksi bangunan dasar bangunan yang menyerupai konsep “Cakar Ayam” atau Tapak Kaki Ayam kalau dilihat dari bentuknya, konstruksi ini ditemukan oleh tokoh dari negara kita yaitu Prof Dr Ir Sedijatmo pada tahun 1961 sumber informasi dari wikipedia org. Dan yang lebih membanggakan bahwa Sistem Pondasi Cakar Ayam ini telah pula dikenal di banyak negara, bahkan telah mendapat pengakuan paten internasional di 11 negara, yaitu: Indonesia, Jerman Timur, Inggris, Prancis, Italia, Belgia, Kanada, Amerika Serikat, Jerman Barat, Belanda; dan Denmark.

Pada desain rumah minimalis yang akan dibangun, sesuai dengan gambar rencana yang kita pesan dan dibuat oleh konsultan teknik juga akan menggunakan Sistem Podasi Cakar Ayam. Hal ini karena dipengaruhi oleh berbagai faktor yaitu, keterbatasan lokasi tanah, peruntukan bangunan dan desain atau bentuk rumah impian yang diinginkan.Adapun banyaknya pondasi Cakar Ayam yang di perlukan di sesuaikan dengan pertemuan silang dari tembok rumah tersebut.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Nurcahyaku5