Selasa, 20 Maret 2012

RUMAH DARI KAYU

Rumah kayu memang lebih indah dan lebih kuat dibandingkan dengan rumah bambu, selain itu rumah yang bahannya dari kayu selain kuat harga bahan bakunya cukup mahal juga biaya atau ongkos pembuatannya juga mahal karena harus dikerjakan oleh tenaga (tukang) yang mempunya ke ahlian dibidang  per-kayuan. Dan bentuknya dapat dibuat sedemikian rapi apalagi kalau Desainernya bagus akan kelihatan anggun.

Rumah jenis kayu ini banyak terdapat di daerah yang berdekatan dengan hutan misalnya saja di daerah Kabupaten Tuban, Kabupaten Ngawi,  juga di Daerah Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Adapun bahan baku yang paling bagus untuk digunakan adalah dari Kayu Jati, kemudian dibawahnya adalah Kayu Tahun, adapun kayu tahun sendiri terdiri dari Kayu Meranti, Kayu Kamper, Kayu Kempas, Kayu Besi (Bangkiray) dan masih banyak yang lainya, kemudian yang terakhir adalah kayu lokal misalnya saja kayu Mahoni, Kayu Kurmis, Kayu Nangka, Kayu Sengon dan lain sebagainya.

Namun khusus untuk Kayu Tahun dan Kayu Lokal supaya awet sewaktu dipergunakan harus harus di beri obat pengawet kayu, juga sebelum dipasang supaya dikasih Minyak Olie Tap atau di Ter atau juga di cat Meni Kayu supaya tidak dimakan hama seperti Kutu Kayu, Cendawan juga Rayap.

Rumah dari Kayu sendiri juga masih banyak dipergunakan untuk bangunan pendopo yang biasanya atapnya di buat dengan bentuk atap joglo dan semua tiangnya biasanya di bentuk dengan motif ukir-ukiran yang sanmgat bagus sehingga sedap dipandang mata.

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Nurcahyaku5